Sunday, September 7, 2008

Kata Mereka (2)

Inilah komentar kloter ke-2 dari mereka yang sudah membaca Perahu Kertas. Bagi kamu yang sudah baca, silakan tinggalkan kesan dan pesan di posting ini. Nantinya akan saya muat dalam posting terpisah. Semua komentar yang terekam di blog ini akan saya cantumkan di Perahu Kertas versi cetak kelak. Thank you so much!

From Tary:
Perahu Kertas yang membuat "kertas" menjadi istimewa karena alurnya yang menyentuh hati dan menyadarkan bahwa hidup adalah tidak hanya satu warna saja. By the way, I love the idea that Dee used name Keenan in this novel. Reminds me of her lovely son.

From Archrein Kee:

This book makes me don’t give up. Aku paling suka quote: "berputar menjadi sesuatu yang bukan kita demi menjadi diri kita lagi.” That inspires me.
Anyway, ada rencana bikin filmnya nggak? At least, Perahu Kertas awesome... keren. Yang udah beli atau nebeng baca nggal bakal nyesel.

From Stella:

I just wanna say that I love your Perahu Kertas. Had a hard time not to fall in love with Keenan. Congrats!

From Dyah:
Suka banget dengan karakter Kugy. Cantik, cuek tapi untuk urusan masa depan, dia rencanakan dengan baik. Bumbu ceritanya, seperti kelakuan Keshia, bikin senyum-senyum sendiri. Lainnya jangan tanya, berkaca-kaca deh mata :) Novel yang mengharukan dan memberikan semangat untuk meraih impian.

From May’s:

Perahu Kertas memiliki filosofi tentang sebuah pilihan dalam hidup, alurnya membawa kita mengalir, dan kemudian selesai membaca kita bisa dapat 'sesuatu'. That's why it becomes so interesting. GOOD JOB DEE! Two thumbs up for you!

From Ricas Dwi Cahyo:

Nangis, ketawa sendiri, senyum sendiri saya alami saat baca novel ini. Amazing! Karakter tokoh yang kuat, penempatan titik emosional yang sangat baik. Alur cerita yg menyayat adalah bumbu hidangan istimewa perahu kertas. Tak banyak penulis yang bisa menyatupadukan cinta keluarga, sahabat, dan kekasih, menjadi sebuah hidangan ringan sekaligus padat, edukatif dan inspiratif. Two thumbs up!

72 comments:

  1. Boleh minta alamat emailnya gak? pengen dee kasih comment pada beberapa tulisan saya..
    saya sedang belajar
    dan sedang nyari tempat yang tepat

    ReplyDelete
  2. Saluuut, keren cuma itu yang bisa gue bilang setelah membaca perahu kertas, by the way thanks for giving this spirit

    ReplyDelete
  3. aku selalu menyenangi tiap tulisan dari DEE.dan sekali lagi perahu kertas membuatku terpikat. "DEE, cara menulismu GUE banget deh"...
    SALUT!!!!!!

    ReplyDelete
  4. Perahu kertas merupakan kekuatan yang membuat hidup menjadi tidak pernah terlambat. Semuanya hanya perputaran. seperti yang disampaikan dee, kita selalu menuju satu titik dengan diri kita sendiri hanya saja terkadang kita mesti melalui berbagai jalan, termasuk menjadi bukan diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  5. membaca perahu kertas seperti membaca sebagian kisah hidupku. sangat mengikat secara psikologis. ringan namun begitu bermakna....

    ReplyDelete
  6. mba dee....perahu ertasnya kapan cetak? aku bener2 nunggu. i adore u....

    ReplyDelete
  7. Dee, perahu kertasmu bener bener bikin emosi naik turun waktu ngebacanya, belum pernah aku ngebaca novel yang bisa mengaduk ngaduk emosi kayak gini, bener bener karya yang sangat enak di nikmati, ini udah Oktober, jadi kan perahu kertasnya naek cetak ?? udah nggak sabar lagi nih.. terus berkarya ya.. bikin lagi cerita ringan tapi sarat emosi kayak gini..

    ReplyDelete
  8. bagus banget!! bkin yg baca gregetan sndiri... uuhhh.... jadi penasaran baca endingnya.,.. belum selesai ni Mba!! love Kugy so0o much!! =)

    ReplyDelete
  9. Saya membaca Perahu Kertas lewat blackberry saya...sejak halaman pertama, saya tidak bisa berhenti dan terus membaca sampai bab terakhir. i was addicted...
    Gaya bahasa yang ringan dan penggambaran yang jelas membuat saya bermain dengan "theatre of mind" saya...membayangkan kost Kugy dan Keenan, rumah mereka, kantor mereka, lukisan2 Keenan dan suasana di Ubud sampai Pantai Ranca Buaya.
    big applause for Dee yang menyelesaikan cerita luar biasa ini dalam 55++ days...

    ReplyDelete
  10. kertas....
    dijadikan ia perahu..
    perahu kertas..
    mengalir tenang yang menyentuh..
    membuatmu berpikir dan berirama indah..

    so nice dee..

    perahu kertasmu ini tak akan melepuh oleh aliran air dee,,,selalu ada mengena....

    ReplyDelete
  11. mbak dee, saya belum berkesempatan membaca ceritanya, tapi setelah membaca sinopsis perahu kertas entah kenapa saya suka (barangkali juga karena terbawa rasa). semoga saja ketika novelnya diluncurkan kelak sesuai dengan angan-angan saya tentang isi ceritanya.
    hm, perahu kertas...terlihat rapuh, mengikuti arus air yang membawanya pergi jauh, tapi tak berhenti melayarinya untuk sampai ke suatu muara

    semoga saja novelnya akan seluar biasa novel mbak dee sebelumnya

    good luck

    ReplyDelete
  12. gw selalu menunggu2 tulisan baru DEE setelah 'Filosofi Kopi'.
    membaca perahu kertas merupakan salah satu penantian panjang dan itupun masih tertahan karena endingnya yang belum selesai.

    ReplyDelete
  13. "this book giving me never-ending-spirit... inspiratif! adl satu kata yang tepat untuk menggambarkannya"

    saya sampe uda baca sampe 3x sejak ptama saya dapet ini novel d hape.

    ReplyDelete
  14. mm..boleh saya tau,kapan perahu kertas akan tampil dalam buku?

    dan kapan supernova akan muncul?
    thx

    ReplyDelete
  15. awal baca bagian pertama aku ngrasa ini bukan dee banget. coz bahasanya gaya-gaya abg gitu. ato mungkin karena tokohnya yang baru lulus sma ya? trus baca seterusnya, baru de yakin kalo itu tulisan dee. bahasnya penuh makna n berisi. jadi seru bacanya.
    jadi ga salah kalo dee emang bener-bener penulis terfavorit...

    ReplyDelete
  16. dee,kapan ya perahu kertas bisa dibeli di gramedia?
    saya sudah baca sampai bab 10 sih
    bukan berlangganan di xl,dapat dari orang dan bisa di download dari bbrapa situs.
    pinginnya sih beli bukunya.tapi dah saya cari2 koq ga ketemu ya?


    thx

    ReplyDelete
  17. Kapan mbak, versi cetak perahu layar keluar? ga sabar nih nunggunya.

    ReplyDelete
  18. saya termasuk yang ga bisa menikmati novel perahu kertas ini dari ponsel, jadi ditunggu banged edisi cetaknya. makasih banged

    ReplyDelete
  19. mba, dimana aku bisa dapetin perahu kertas ya? dah nanya di aksara citos, n gramedia depan BIP. kok gada ya?

    ReplyDelete
  20. mbak kapan neeh versi cetaknya keluar... semoga awal 2009 dah bisa ya... amin

    ReplyDelete
  21. bentuk cetak perahu kertas dan supernova lanjutannya ditunggu dee... jangan mandeg ya....

    ReplyDelete
  22. Novelnya pernah baca,tapi cuma awal-awalnya aja,..bagus banget.Tapi kok kayanya Dee sengaja ngebatasin gaya penulisannya supaya gampang dimengerti,jadi kaya gak terjun bebas deh,
    Ditunggu ya versi cetaknya!!
    Oh ya,..Supernovanya dicetak ulang dong.Susah banget carinya,kalau Supernova udah legkap,ada gak paket lengkapnya??

    ReplyDelete
  23. Perahu kertas membuatku seharian tak menghiraukan hal-hal penting lain yang harus aku lakukan. Aku bisa memahami Keenan bahwa Kugy seperti drug baginya.
    Dee seakan menciptakan dunia baru bagiku untuk setiap karyanya!
    Tidak terlalu berat, berkarakter, kadang membuatku merasa romantis, kadang tertawa sendiri, bahkan menangis...

    ReplyDelete
  24. Perahu Kertas ...Hhhmmmmm...
    Seperi dongeng Kugy..Seperti lukisan Keenan
    Ada jiwa di dalamnya
    Begitu kuat

    ReplyDelete
  25. that's a life in Dee's unessential but inspiring pictures... so there can be a journeys of searching the truly me.

    ReplyDelete
  26. Maaf ya mbak Dee... aku baca Perahu Kertasnya versi Perompak, Versi bajakannya... wkwkwk.. Download dari antah berantah yang cuma sampai bab keberapaa gitu. Bab Terakhirnya gak muncul... sial!
    Makannya aku nungguin yang versi cetaknya aja. Btw, novel bagus, aku suka sama jalan ceritanya, mengalur bagaikan air dengan karakter yang kuat2.
    Bagus banget...

    ReplyDelete
  27. goshhhh.....novelnya bener2 bikin berkaca-kaca dan mengaduk2 emosi.
    dari semua karya mbak dewi kadang2 aku mesti baca 2 kali buat ngertiin maknanya. buat perahu kertas aku cuma cukup baca sekali tp udah bisa ngerti maknanya yang dalem banget.
    ringan tapi sangat berbobot, can't wait to read it again!
    saluut dee...........

    ReplyDelete
  28. Mbak Dewi, terima kasih walaupun kita tidak saling mengenal tapi karya-karyamu membuat banyak perubahan dalam hidupku dan pasanganku..

    "Rectoverso" yang mempertemukan kami dalam suatu waktu dan akhirnya memulai perjalanan kami dengan "Filosofi Kopi" yang setia menemani sepanjang perjalanan dan tepat ketika kami mulai kehilangan arah perjalanan kami, "Perahu Kertas" mu menuntun kami kembali pada mimpi-mimpi yang ingin kami raih, pada cintanya Rectoverso dan sentuhan Filosofi Kopi..

    Terus berkarya ya Mbak Dewi,,

    ReplyDelete
  29. Dari semua karya Dee (sejak Filosofi Kopi, supernova, dll), mungkin ini yang paling bisa membuat hatiku menangis. Entah sedih, entah bahagia, semuanya beraduk menjadi satu. Mengingatkanku pada diriku sendiri, ikuti kata hatimu, ikuti kata hatiku. Dan hatiku berkata, "Dee, gooooood job for you, now u're de best writer I ever knew."

    ReplyDelete
  30. Halo mba Dewi, aku baru aja selesai membaca Perahu Kertas...geregetaaaannnn!!!! Hehehehe... Keren bgt mba...Inspiring...

    ReplyDelete
  31. "ramadhan tahun lalu aq membaca format digitalx, n tahun ini kamu membaca bukux. Semoga ramadhan tahun depan qt bs bertemu." kata seorang diujung sana yg sangat menggebu menyuruhq utk mmbaca novel ini, trnyata memang bukan tnpa alasan, mmbaca perahu kertas memang sprti membaca "kisah" kami, saya seperti menertawai, menangisi dan mengharu-birui diri sendiri dan sempat curiga, jangan2 dee menyadap setiap obrolan kami yang "hanya" bisa kami lakukan lewat sms, chat, n telp, hahahaha. Namun "seseorang" itu berjanji akan tetap menulis kisah kami dari sudut pandangnya, walau saya sudah bilang padanya bahwa kisah kita, semuanya, sudah "ditelanjangi" di perahu kertas... walau kami sadar, ending kisah kami tak akan pernah seperti K&K... Namun cukuplah...

    To Venus: teruslah menulis...

    *Lelaki Hujan & Venus*

    PS. Dee, kamu sudah muat komen "dia" di cetakan kedua hal xi, semoga ini bisa dimuat juga...

    ReplyDelete
  32. aku selalu baca novel sebelum tidur biar ngantuk dan cepet tidur. tapi waktu baca perahu kertas aku malah jadi nggak ngantuk dan pengen terus cepet2 baca sampe akhir.
    two thumbs up, mb! novelnya bener2 inspiring :)

    ReplyDelete
  33. Hai mbak Dewi.. ak udh bc Perahu Kertasnya.. dan ak suka bgt.. kisah cinta Kugy dan Keenan yg sangat ruwet dan kacau balau tp akhrnya nyatu juga.. haha.. I suddenly fell in love with Keenan..^^
    Kisah yg bnr2 menggugah & ngebuat ak gk mau ngerjain ap2 lagi kecuali ngebaca novel ini ampe tengah malam n akhrny dlm 2-3hr selesai jg.. haha.. ak menanti karya2 mbak Dewi yg touching kyk ini... hehe.. maklumlah, selera remaja kn yg ginian.. hehe..

    ReplyDelete
  34. akhirnya kemarin perahu kertasku datang juga,
    semalem bermaksud nyicil bacanya selama liburan,
    eh malah terus hanyut dalam perahu kertas sampai pagi.

    ini novel kedua yang berhasil membuat saya menangis dan cekikikan sekaligus :)

    trims Dee..

    ReplyDelete
  35. sengaja tidak membaca versi digital dan menunggu sampai 'perahu kertas' diterbitkan.
    akhirnya penantian panjang itu tidak sia-sia.
    'perahu kertas' memang layak diberi judul perahu kertas.
    walau bahasa dan ceritanya ringan, seperti kertas, namun dia tetap sebuah perahu, yang membawa sejuta hikmah dan cara pandang baru terhadap mimpi, cinta dan persahabatan.

    ditunggu karya selanjutnya, dee.

    ReplyDelete
  36. kak dee hebat banget bisa membuat alur cerita yang ringan, tapi tetep "berkelas".. Percakapan Kugy yang dengan sangat berhasil bikin aku sakit perut gara-gara ketawa cekikikan, dan sedih di bab-bab akhirnya..Salut banget buat kak dee,aku tunggu karya berikutnya.

    ReplyDelete
  37. amazing...very interested.dari semua karya DEE,ini buku ke 2 nya yang bikin saya ikut terhanyaut sampai ngeluarin air mata.Alur cerita yang disampaikan DEE hidup,bermain dengan emosi yang sangat.

    Tapi kali ini cerita terasa lebih ringan dari yang sebelum2nya, sama seperti judulnya "Perahu Kertas".Pemilihan tokoh dan nama yang cerdas.Apalagi "Remi" make me amazed.

    Selalu ada kejutan di setiap bagian cerita,itu yang bikin saya selalu menunggu buku demi buku.

    "Inspiring Women" so powerfull. Ada kekuatan disetiap tulisan DEE..."FREEDOM".

    Adakah kesempatan untuk menikmati setiap karya-karya DEE sampai nanti.....

    ReplyDelete
  38. " Nus..,klo neh novel bakalan diangkat ke layar lebar, mo dunk jd additional agent lo.."

    ReplyDelete
  39. two thumbs up for u, mba...terlalu banyak adegan yang bikin hati rasanya "gimana gitu" (saking sulitnya diungkapkan dalam kata2)...

    tp mbak, aq kok ngerasa ada beberapa bagian cerita yang terlewat ya...
    contohnya : di novel diceritain gmn kugy harus merelakan hubungannya ma ojos gara2 sekolah alit mau ikut lomba dan kugy ga bisa ikutan liburan ma ojos. tapi ga diceritain gmn hasil lombanya..sekolah alit menang atau ga???
    trus lagi ga diceritain detik2 perpisahan kugy ma murid2 sekolah alit...pasti mengharukan...
    waktu keenan ngerelain kayu ukirannya untuk Luhde, ga diceritain juga gimana reaksi Luhde waktu nerima hadiah itu...

    sekedar input sih mbak..mungkin memang bagian2 cerita itu ga terlalu ngaruh ke keseluruhan cerita Perahu Kertas...tapi aq kok ngerasa ada yang kurang di situ...

    maju terus buat mbak dewi....ditunggu lagi karya2 selanjutnya...

    ReplyDelete
  40. awal baca 'kok ga Dee banget ya?'
    tapi teteup, bikin mata ga bisa berhenti baca sampe akhir.
    tema ringan dengan konflik yang muter-muter, indah!
    kejujuran, penerimaan dan pengorbanan adalah hal terindah dalam kehidupan.

    semangat berkarya, dee!
    love you full.

    ReplyDelete
  41. AWESOME!! This is my best new record! 'Devouring' Perahu Kertas in only 2 days!! I excited where is Kugy & Keenan love story has 'docked' and it has been anchored in a right place.. Thanks Dee. Keep up the spirit :)

    ReplyDelete
  42. Awalnya hanya ingin menjadikan 1-2 babnya sebagai cerita ringan sebelum tidur, akhirnya aku menghabiskan waktu 5 jam non-stop sampai jam 2 pagi untuk membaca semua halamannya.
    Remind me about my own dream, novel ini sukses membuatku meneteskan air mata, tergelak, penasaran dan bahagia bersama para tokoh-tokohnya. Keluarga, cinta, sahabat, kuliah, kerja dan cita-cita semua ada di sini.
    Paling sukan tokoh Luhde. Muda, tapi tanpa diduga dari mulutnya mengalir kata-kata sarat makna dan bijaksana yang juga terwujud dalam tingkah lakunya. Like her more than the main characters. :)

    ReplyDelete
  43. Perahu Kertas...selama sebulan ini udah nemenin gw begadang, kadang2 sampe subuh n baru tidur jam 5 pagi.Maklumlah,buat gw yg punya 2 balita,saat mereka terlelap adalah saat yg bener-bener pas buat Perahu Kertas.Perahu Kertas,ceritanya ringan dengan karakter2 tokohnya yg unik, tapi bikin penasaran dan sayang buat dilupain gitu aja.Yang bikin gw suka banget sama Perahu Kertas karena settingnya di Bandung,dan beberapa tempat yg terasa deket banget sm gw.Rasanya seperti kita ikut di dalamnya.So amazing, Perahu Kertas bisa mengupgrade hati dan cinta kita menjadi lebiih berkualitas. Memang benar, Hati Tak Perlu Memilih tapi dia akan dipilih....Dee,thank you for the story.It's so extra ordinary.

    ReplyDelete
  44. baru saja saya selesai baca novel perahu kertas ini. telat banget ya?
    tapi sangking penasaran dan terhanyutnya dalam kisah kugy dan keennan, saya 8 jam jadi orang autis di rumah saya sendiri. Dee selalu membuat saya berpikir, mengapa dia bisa menulis sesuatu yang unik ya? selalu out of the box.. Great Job, dee! saya merasa bangga karena pernah membaca karya2mu.. ;)

    ReplyDelete
  45. Perahu Kertas membuat gue sadar kalo kita nggak perlu stuck dengan kehidupan kita. Banyak jalan lain di luar sana yang bisa mempertemukan kita dengan orang - yang bisa mengisi our missing parts. Satu hal lain yang gue pelajari di sini, bahwa saat kita dicintai, kita bakal bener-bener merasa dicintai. Kita bakal tahu itu sendiri dengan pasti, dan nggak bakal bertanya-tanya lagi.
    And I love it! :)

    ReplyDelete
  46. Dee, saya butuh eskrim!
    Kerongkongan saya macet parah.
    Butuh bantuan untuk melumerkannya.
    Termasuk yang menyedak-nyedak di bawahnya.
    Eskrim, Dee!


    *kupikir Perahu Kertas adalah bacaan ringan. Tak taunya masih saja menguras emosi.
    *kupikir Dee adalah juara juru dongeng nya!

    ReplyDelete
  47. Hahahahaha.saya telat ya.baru selesai ni bacanya.
    Ini buku Dee pertama yang saya baca.
    Perahu Kertas. Keren banget, bikin emosi naik turun. Secara tidak langsung mengajarkan tentang pencapaian cinta dan cita-cita, pengorbanan, kerelaan. Yah pokoknya tentang perjalanan hidup yang berputar-putar tetapi pada ujungnya akan menuju satu titik. Suka banget deh.
    Novel ini juga bikin saya termotivasi untuk benar-benar menggapai cita-cita saya. Doain ya Mba bentar lagi saya lulus SMA nih. *amin*

    Oh iya, saya paling suka saat tokoh Keenan mengambil keputusan untuk meninggalkan kuliahnya. Dia berani banget untuk memutuskan jalan hidup yang akan ditempuh.

    ReplyDelete
  48. Dee...Perahu Kertas wuih keren bgdzzzz ceritanya...POKOKNYA MANGSTABBZZZZ
    (^_^)

    setelah membaca cerita ini,aq lebih mengerti bahwa hidup tidak hanya cukup dengan mengkhayalkan atau memimpikan serta memendamnya saja, namun diperlukan juga usaha yang keras, serta proses yang amat luar biasa,setelah itu pasrah dan ikhlas bahwa suatu saat proses yang telah dilalui akan mendatangkan hasil yang indah

    Thx ya Mba Dee,,,buat spirit dan inspirasinya,,,
    :)

    ReplyDelete
  49. perahu kertas buat aku tertawa,menagnis(9 kali), bahagia haru dan aku berani tuk tak tertidur satu malam hanya tuk membacanya sampai akhir,,krn terlalu indah tuk ditinggalkan, cerita nya sungguh bernyawa, penuh cint, dari sekian banyak buku hanya perahu kertas lah yg bisa memberikan goresan dalam hidup ku, arti "kejujuran", andaikan ada perahu kertas yg berikutnya,,

    ReplyDelete
  50. ng..
    pada ngerasa ga kalo INTI ceritanya mirip ama film UP?

    ReplyDelete
  51. Defi Laila Fazr said:
    perahu kertas bikin candu!! sangat indah..,

    ReplyDelete
  52. Kugy dan Keenan membuat saya jatuh cinta, menangis dan lega. Jatuh cinta pada diamnya dan perjuangan mereka untuk mendapatkan apa yang benar2 mereka impikan. Menangis untuk perasaan yang terpendam lama. Lega untuk sebuah akhir yang bahagia. Mudah2an kalau novel ini diangkat ke layar lebar, sosok Kugy & Keenan tidak melenceng dari sosok yang saya bayangkan dalam novelnya.

    ReplyDelete
  53. dee...
    saya baru selesai baca Perahu Kertasnya walau sudah lama teronggok di rak buku. kali ini saya membaca karyamu tanpa harus mengerutkan kening seperti saat saya membaca karya-karya sebelumnya. cerita yang bagus. menyentuh sekali. Perahu Kertasnya sudah saya bikin hard cover. tampak lebih elegant.

    ReplyDelete
  54. Terima kasih Perahu Kertas, krn engkau tlh membuatku memecahkan rekor: membaca 1 novel dlm waktu 1 hari!! (biasanya paling top 3 mg). Ga bisa lepas dr mata yg menggenang-kering- menggenang-kering, jg krn jrg berkedip.
    Ada 1 yg mengganjal, model sahabatannya Kugy dan Noni krg greget deh, kayak bukan sahabatan dlm arti sebenarnya. Kok ya Kugy msh ngulang ke2 kali ga curhat ke Noni tp malah melamun berhari2 di rmh Karel? Menurutku kalo begitu bukan sahabat, cuma teman saja.. Hehehe...

    ReplyDelete
  55. Tercipta wujud seorang wanita jenaka dan menarik menghiasi wajahnya yang lugu di pikiran saya.KUGY. dan seorang pria dengan pesona tingkat tinggi dan tatapan mata tajam.KEENAN. Dua karakter yang tervisualisasi menyempurnakan Film "Perahu Kertas" versi imajinasi saya, yang di angkat dari novel "Perahu Kertas" karya anda. berlayar bersanma Kugy dan Keenan dgn perahu kertas hingga sampai ke laut.
    tapi apa yang terjadi ketika cinta di pilih??
    Apa yan terjadi sesampainya perahu kertas di laut?
    "Hanya neptunus yang tahu!!"
    "Alien nation hanya menunggu"
    menunggu coretan tinta seorang dee, sang neptunus!!
    I LL BE WAIT 4 "SESAMPAINYA PERAHU KERTAS DI LAU". NEPTUNUS NEXT EDITION.
    one of my dream. let it comes true plis!!
    jk terwujud, sy spt mercun yang siap meledak!!

    CRESS

    ReplyDelete
  56. aku tergila-gila banget sama penggambaran tokoh keenan dan kugy. mereka cocok dan serasi banget. setiap kali bagian kugy nangis, dan keenan kangen dia waktu di bali, dan menyebutnya 'kecil' aku jadi nangis, dan terharu. jujur, ini novel pertama yang buat aku bisa ketawa,nangis,marah karena baca novel ini selin novel yang lainnya.aku juga ngerelain nggak tidur semalaman hanya untuk membaca novel 'perahu kertas' sampai kelar, karena penasaran minta ampun. buat kak dee, berkarya terus yaa, aku tunggu.:)
    keenan&kugy :)

    ReplyDelete
  57. Semua rupa dan rasa tentang orang yang jatuh cinta, diam-diam, bertahun-tahun, saya rasakan di sini. Manis, tapi tidak picisan. Kugy dan Keenan. Membuat saya kepingin memiliki "K Family" juga :p

    ReplyDelete
  58. Grote roman....
    aku bacanya sampek ketawa2 sendiri, bikin terharu juga.
    udah gitu ceritanya ngena.
    kalo dibikin film bagus tuh, Dee.
    berkarya terus yaaaaa

    ReplyDelete
  59. keenan-nya keren abis
    ceritanya bikin terharu
    perfect banget (for me)
    kalo misalnya dibuat film pasto bagus bin keren banget.
    terus berkarya ya, Dee....

    ReplyDelete
  60. gregetan bener baca novel ini buru-buru pengen nyelesainnya, mana ending nya bikin sumpah getar-getir mengharukan, kocak abis lawakan nya enggak basi dan bisa jadi asupan gizi buat orang-orang yang kekurangan gizi hormon humornya :D

    ReplyDelete
  61. keren keren keren!!! bener bgt tuh, kalo dibuat film pasti bagus bgt, gue aja udah baca 5x tuh novelnya. ayo donk dee... KAPAN LAGI ADA NOVEL SEJENIS PERAHU KERTAS? I love Kugy, Keenan, Noni, Eko, Wanda, Luhde, Poyan, Remi, dan..... Pilik (Semoga Kamu dapet tempat terindah disisi-Nya, Jendral!)

    ReplyDelete
  62. Novel ini keren banget xDD Beda, tapi keren. Saya rada-rada kurang oke karena setiap pacarnya kugy maupun keenan hanya bertingkah layaknya sahabat, gak bener-bener kerasa kalau mereka mau keep... Namun, dalam sisi lain, saya bisa kerasa gimana kugy gak bisa punya eksistensi kalau gak ada keenan, begitu pula sebaliknya xDD~

    P.S : Gara-gara baca buku-buku anda, saya jadi bisa bikin cerita sendiri~ Inspirasi besar-besaran hehe... xD Makasih ya Dee~

    -Rier-

    ReplyDelete
  63. ni novel emang dahsyat abis! beda sama novel2 yang pernah gw baca, ngalir banget bahasanya berasa lagi ngalamin sendiri tuh kejadian. sooo emotional...i love this novel kak dee... :-*

    ReplyDelete
  64. pertama sih males mau bacanya.soalnya mikir...'pasti isix kayak supernova(bahasa tingkat tinggi). but setelah membacanya...aku slh besar. this book is my inspiration. di awal bab udah tau klo ini dee banget. kata-katanya beda dari yang lain. out of the box. tapi ini yang aku suka. BERANI. sampai bab 5, sebatang pisang susu. aku mulai memikirkan, langkah apa yang harus aku pilih. pilihan ortu / aku. tapi setelah membaca habis buku ini, aku mendapatkan jawabannya. Thx Dee....

    ReplyDelete
  65. tadinya w cuma denger dr tmn tentang novel "Perahu Kertas" yg katanya seruu n baguss bgt...tpi ternyata stlah w bca..novel nie bukan cuma bgus n seruu..tpi dahsyat n amazingg bgt wad w..bhkan w cuma prlu wktu 1 stngh hri wad bca'y..bner2 nyentuh n ngurass air mata...n jg ngingettin w ma mimpi2 w yng blm trwujud...i love "Perahu Kertas"
    ^_^

    ReplyDelete
  66. BEDA! kesan yang muncul setelah q baca perahu kertas, berasa lain dari karya dee sebelum-sebelumnya. cuma ada satu hal yang 'tersayangkan' kenapa harus berlanjut ke halaman 414. harusnya 413 menjadi angka yang sakral. sesakral lautan, halilintar, ataupun larutan semedi dalam do'a dan memakna jadi stopan lampu merah untuk berhenti...
    anyway thanks to dee, akhirnya jadi sedikit lebih tau makna "hidup telah membawa mereka ke titik perpisahan"

    ReplyDelete
  67. baru sempat menyelesaikan baca "Perahu Kertas"-nya Dee pagi ini.. Tema biasa, namun dirangkai dengan kata dan kisah luar biasa.. So inspiring!! Ga hanya layak baca, tapi juga layak koleksi buat dibaca berulang-ulang... Good job, Dee..

    ReplyDelete
  68. I LOVE PERAHU KERTAS...!!!
    andai dongeng dan lukisanku bersatu seperti keenan & kugy...
    andai hati dan impianku bertemu seperti keenan & kugy...
    sepertinya aku butuh radar neptunus...

    ReplyDelete
  69. saya sebenernya dulu bukan teramsuk orang yang suka baca novel.apalagi novel bergenre pop,tema ceritanya tentang percintaan remaja.banyak novel dirumah yang saya coba baca tapi baru chapter 3-4 saya udah males baca,karena karakter dan alur ceritanya yang biasa aja.
    tapi pas saya coba baca Perahu Kertas, saya ga nyangka.tiap lembar kertasnya bisa ngebuat saya jadi penasaran.yang saya ga nyangka lagi novel itu selesai langsung saya baca 8 jam nonstop.karakternya bagus saya suka,malah saya sampai jatuh cinta sama kugy.setiap tingkah lakunya,kata2 yg keluar dari mulutnya saya baca baik2 dan hati2,ternyata emng cewe "luar biasa" diluar kebiasaan maksudnya,penuh kejutan,hhe..

    yg anehnya lagi dan bener2 aneh pas remi nyoba ngedeketin kugy,saya ngerasa ko saya cemburu,haha..apalagi pas malem taun bru 2003 di ancol, dezigg! hati saya patah,haha..

    baru sadar klo sy bener2 jatuh cinta sama seorang karakter dlm sebuah novel,haha..

    bukan cuman karakter nya yang hidup,ceritanya jg,emosional..

    "kadang kita memang harus berputar menjadi sesuatu yg bukan kita demi menjadi diri kita sendiri lagi" itu yg paling saya inget dan ngebuat saya berfikir akan semua yang terajadi sebnernya dalam hidup saya,haha..

    secara overall bagus banget,berarti mbak sekarang nambah 1 penggemar lg nih,haha..sy nulis ini krn sy pingin cerita kesan tentang Perahu Kertas ini,smoga mbak baca.karena novel mbak bener2 beda,berkesan dan bisa ngebuat saya jatuh cinta.dan saya rasa,kayaknya saya harus baca novel2 mbak yang lain.haha..
    salam yah mbak,buat kugy! hahaha...

    ReplyDelete
  70. Membaca 'Perahu Kertas' seolah kita ikut andil dlm salah satu tokohnya, bahkan seolah menjadi pemeran utamanya, ikut lebur dlm setiap nafas ceritanya, ikut larut dalam setiap kebahagian, gelak tawa, jatuh cinta, kesedihan, patah hati, sampai akhirnya tenggelam dalam setiap peristiwa di dalamnya. Menyadarkan kita untuk bersyukur dalam setiap babak kehidupan kita.
    Suatu kisah yang menjadikan saya ingin berbagi kepada orang terdekat, untuk ikut membaca buku ini.
    Ina Rosalina

    ReplyDelete
  71. Aku baru baca waktu Perahu Kertas jadi kado Valentine pas kopdar dg temen dunia maya-ku yg seorang penulis saat dia ke Singapore. Setelah baca... Omaygod! Aku terbawa... dan aku tiba-tiba ingin jadi penulis!

    ReplyDelete
  72. Perahu Kertas...

    Sebuah novel yang menggugah jiwa terdalam saya...
    Perahu Kertas sarat akan pengorbanan , keberanian pengambilan keputusan dan kisah cinta yang murni.Ketiganya diramu dengan cukup baik...

    Layaknya Supernova yang penuh dengan hal-hal yang berbau sains dan terkadang 'nggak masuk akal' , melalui Perahu Kertas kita akan menemukan sebuah kisah cinta murni yang tentunya menggetarkan roh-roh cinta manusia.

    Well, melalui Perahu Kertas Dee telah membuktikan bahwa ia memang pantas masuk kedalam segelintir penulis yang dapat membangkitkan roh cinta pada setiap pembaca yang menbaca karya tersebut, bahkan bagi orang yang awam terhadap dunia baca-membaca.

    Dee, maju terus dan ciptakan karya-karya yang lebih fenomenal dari ini...

    ReplyDelete